27 Agustus 2010

Botol Minuman Go-Green


Tahu, gambar apa di atas? Ya, botol minuman. Tapi bukan sekadar botol minuman, karena yang satu ini beda dari yang di Indonesia.

Kalau ditilik, tutup botolnya lebih tipis dan kecil. Plastiknya pun tak setebal minuman botol di Indonesia.

Saat kita lihat penjelasannya, tertulis:


Smaller Cap= Less Plastic
Did you notice this bottle has an Eco-Slim Cap? This is part of our ongoing effort to reduce our impact on the environment. This bottle and cap contain of 20% less plastic than our original 500ml Eco-Shape bottle and cap. Be green. - Arrowhead Mineral Water


Mereka juga terbiasa untuk menggunakan botol plastik berkali-kali. Tetapi aku masih belum tahu, apakah aman atau tidak.

Yang enak sih, minum air langsung dari keran. Tak perlu cerek untuk memasak air lagi :D (di Indonesia kan airnya harus dimasak dulu)

Lalu, waktu aku ke toilet, flush dari closetnya ada 2 jenis: untuk solid waste dan liquid waste. Toiletnya juga ada motion-sensor, jadi tak perlu menyalakan atau mematikan lampu, dan menghemat energi, kalau kita lupa mematikan lampu.

Oh, Indonesia harusnya bisa begini juga. Lumayan energi yang bisa dihematnya.

23 Agustus 2010

Welcome to New Mexico!

Akhirnya, setelah penantian panjang dan perjalanan yang tak berkesudahan (bayangkan, 42 jam!), sampailah aku di Albuquerque. Dari sini, aku dijemput oleh Ted, dengan Ford-nya, dan masih ada 2 jam hingga aku benar-benar tiba di United World College, Montezuma.

Pukul 2 a.m. waktu setempat, aku menginjakkan kaki di dormku, Kilimanjaro. Untung ada countrymateku, Kak Tasha yang menunjukkan semuanya secara mudah. Roomieku dari Belanda, Lucien namanya. Neneknya pernah ke Indonesia, dan entah mengapa itu jadi satu hal luar biasa buatku. Tetangga sebelahku, Yumi dari Kanada, dan Louise dari Belgia, juga luar biasa. Aku telat 2 hari dari dimulainya orientasi first year-ku, dan mereka membantu banyak, untunglah.

Hal pertama yang aku sadari adalah, boleh jadi ini adalah tempat yang ikatannya kuat. Ketemu sana, peluk, ketemu sini, jabat tangan. Kurang lebih sama seperti Jamnas 2006 yang kuikuti. Dan satu lagi, tempatnya luas! Sanctuary hall-nya luar biasa, refleksi pelangi warna warni. Ada pool-nya, kastilnya besar, sampai aku tak tahu harus dari mana menceritakannya.

Ya, 2 tahun berikutnya akan luar biasa! Dan semoga MIT bisa jadi penerus pengalaman luar biasaku, amin.

Hello, I'm Titan from Indonesia, nice to meet you! :)

08 Agustus 2010

Sekantong Cinta Dari SMA Tiga


"Memories of RSBI SMAN 3"

Saya tak pernah tahu, apakah kalau saya tidak meninggalkan SMA tahun ini, saya akan mendapatkan perhatian lebih dari teman-teman. Tetapi saya yakin, jika saya melalui masa SMA dengan normal, tahun keduabelas tak akan pernah biasa. Momen krusial terletak di situ, dengan adanya ujian-ujian yang biasanya lebih merekatkan jaring pertemanan. Dan entahlah, aku belum nyicip Prom Night 2011, hehe (semoga panitianya baca, lalu tahun depan aku diundang, ups).

Terlepas dari semua itu, terima kasih untuk semua doa yang terucap ataupun tak terucap. Saya yakin, mereka yang membuat scrapbook ini mengorbankan SSC, Edulab, Inten, atau NF-nya untuk sejenak mojok di kost-an Rani dan Iqew dan berprakarya ria. Untung ya teman, kelas XII ini kita kan tak kebagian pelajaran kesenian lagi, hehe.

Dan saya tertawa lihat Azka yang mencantumkan tutorial origami membuat penjepit kertas, dengan selipan kata-kata: siapa tahu di Amerika ga ada penjepit kertas. Belum lagi ada pesan kesan dari guru-guru, plus fotonya. Maaf, saya ketawa-ketawa sendiri, hehe.

Ada juga pesan-pesan dari Lulu, Rani, Athifa, Iqew, dan Flo yang (untunglah) tidak membuat saya berurai air mata, mungkin bukan sekarang. Riris bahkan sudah membocorkan rencana pembuatan scrapbook ini, saat saya memergokinya di kelas, tapi tak apa-apa kok, Ris, hehe. Juga sketsa BP yang bikin senyam-senyum sendiri.

Terima kasih untuk 2 tahun terakhir yang luar biasa ini. Doakan saya, tahun depan kembali ke Tiga dengan luar biasa. Dan kalian meninggalkan Tiga dengan luar biasa, berganti titel menjadi mahasiswa PTN terbaik se-Indonesia. Keep gossiping, buddies! Thank you, Tiga & RSBI United!


"Danke, Kreativ-Team! Ich werde dich vermissen"

"When you're down and troubled
And you need some loving care
And nothing, nothing is going right
Close your eyes and think of me
And soon I will be there
To brighten up even your darkest night

You just call out my name
And you know wherever I am
I'll come running to see you again
Winter, spring, summer or fall
All you have to do is call
And I'll be there
You've got a friend"

Carole King-You've Got A Friend