15 November 2013

'Aneh tapi Nyata' - Evan Ziporyn

Ada suatu hal menggelitik yang dibahas oleh dosen musikku hari Selasa lalu. Setelah minggu lalu yang intens dengan musik dan tari Bali, kemudian ditutup dengan konser Gamelan Galak Tika, minggu ini kelas musikku mengambil satu langkah ke belakang dan mencoba merenung lebih banyak.


*Hal-hal yang kupaparkan di bawah ini dibawakan oleh Peter Steele, dosenku di kelas 21M.030: Introduction to World Music pada hari Selasa, 12 November 2013.

Ada banyak musisi-musisi dunia yang terinspirasi oleh musik Gamelan Bali yang tiada dua ini. Contohnya adalah Claude Debussy, di lagunya Cloches a travers les feuilles (yang bisa kamu dengarkan di bawah ini). Kabarnya, saat beliau melihat penampilan Gamelan Bali yang 'ramai', beliau mencoba membuat piece untuk piano dengan konsep yang kurang lebih sama: bersahut-sahutan satu sama lain, yang istilahnya disebut 'kotekan'. Klaim ini, tentu saja, termasuk kontroversial.

Ada banyak musisi lain yang terinspirasi oleh Gamelan Bali, dan mengaplikasikan prinsip-prinsipnya pada komposisi-komposisi mereka. Contohnya Colin McPhee, dan Steve Reich. Tetapi, ada juga ethnomusicologist (ahli musik dunia) yang menceburkan diri mereka lebih dalam pada Gamelan Bali. Mereka menghabiskan waktu bertahun-tahun di Bali untuk belajar gamelan dan musik tradisional lainnya, menyerap kultur budayanya, serta berinteraksi dengan masyarakat. Pada akhirnya, keahlian mereka patut diancungi jempol, dan bisa bersaing dengan musisi-musisi asli daerah tersebut. Evan Ziporyn, adalah salah satunya.
Saat kembali ke Amerika Serikat, Ziporyn mendirikan Gamelan Galak Tika di Massachusetts Institute of Technology, dan kemudian 'bereksperimen' lebih jauh dengan musik jenis ini.
Cukup dengan latar belakang Evan Ziporyn. Mari kita berpikir sejenak. Apa hal pertama yang muncul di kepalamu ketika kamu melihat orang asing yang begitu passionate terhadap musik tradisional negerimu? Bangga? Luar biasa? Atau merasa malu karena kamu tidak se-passionate itu dalam budayamu sendiri?
Kalau kamu malu, siap-siap ditampar saat mendengarkan salah satu fusion piece kreasi Ziporyn satu ini. Judulnya, Aneh tapi Nyata. Bisa kamu dengarkan langsung di sini. Berikut ini liriknya. Mungkin Bahasa Indonesianya tidak lazim atau sulit dimengerti, karena itu aku sertakan terjemahan Bahasa Inggrisnya di bawah.
Apa arti dunia ini?
Mengembara, cari jamu pantas tamu untuk mengobatkan ngeri...
Zaman kami hilang tradisi -mana beli?
Kalau bisa, minta sisah dari banten masih asli...
Baru tiba membuka kopor saya -di dalam, selalu soal ikut jalan
Aneh tapi nyata
Lagu barat dinyanyi diiringi campuran begini...
Berkumpul sampai terpisah -sementara peleburan
Manis asam, terserah penonton
(What is the meaning of it all?
Wander around, look for a tonic, fit for a foreigner to cure anxiety...
Our era has lost all tradition -where can it be bought?
If I may, I ask for the leftovers from still-authentic offerings...
Newly arrived I open my suitcase -inside, all my problems have come along
Strange but true
A western song accompanied by this mixture...
Gather together until forced apart -a momentary fusion
Sweet or sour, it's up to the listener) 
Apa artinya? Ada suatu hal yang hanya bisa dirasakan beliau sebagai seorang ethnomusicologist yang mendalami budaya lain. Bagi orang-orang umum, seberapa besar usaha yang beliau dan mungkin musisi lain berikan dalam mendalami budaya Indonesia, mereka tetap dianggap orang asing yang belajar budaya lain. Hal ini mengingatkanku pada tradisi kompetisi bagpipe di Inggris Raya yang hanya memenangkan orang asli sana, tetapi tidak musisi dari negara lain. Untuk musisi dari negara lain, mereka memberikan juara 'dunia', alias non-Inggris Raya.

Ada hal lain dalam lirik Aneh tapi Nyata yang menarik. Masih ingat Eat Pray Love? Novel yang menjadi best-seller ini sebenarnya menggambarkan dengan akurat pencarian spiritual orang-orang Barat ke dunia Timur. Dibuka dengan, what is the meaning of it all, apa arti dari semua ini? Lalu kemaudian diteruskan dengan if I may, I ask for the leftovers from still-authentic offerings, kalau bisa, bolehkah saya meminta sisa dari sesajian yang masih asli? Hal ini kurang lebih mengindikasikan pencarian spiritual dalam musik yang tidak didapatkan oleh orang-orang di Barat, yang mungkin bisa didapatkan di Indonesia. Selain itu, terlihat juga dengan jelas betapa jomplang kekuatan ekonomi antara Barat dan Indonesia, sehingga mereka terkesan 'membeli' tradisi tersebut, our era has lost all tradition -where can it be bought, meskipun bukan itu hal yang sebenarnya mereka inginkan.

A western song accompanied by this mixture, gather together until forced apart -a momentary fusion, sweet or sour, it's up to the listener. Begitulah akhirnya, sebesar apapun hal yang mungkin musisi dunia ini usahakan dalam mendalami tradisi Bali, semuanya hanya dipandang sebelah mata, dipandang sejenak saja, tidak lama-lama. Karena pada akhirnya, yang menentukan adalah pendengar sendiri, kita semua.

Bagiku, ini adalah pelajaran berharga, memberikanku pengetahuan akan dua sisi dalam satu kerangka sosial. Mungkin aku harus lebih banyak belajar, mendengar, dan melihat, karena ada banyak hal seperti ini terjadi di dunia.

Apa pendapatmu tentang komposisi Ziporyn, Aneh tapi Nyata?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar