29 Januari 2013

Kenangan Lodaya

Dari kotak kecil-kecil bernomorurutkan dari 101 hingga 730-an, sepucuk surat terlihat di kotak kecil yang aku hafal benar. Kotak surat milikku.

Salju di luar menambah lelahku hari ini. Satu jam kerja, enam jam duduk manis mendengarkan presentasi para wakil perusahaan itu menjelaskan produk mereka, memaksaku menenggak dosis besar bagaimana caranya berinteraksi dengan mesin bernama komputer dan mengerti bahasanya. Untung oseng-oseng wortel, sosin, baso udang, dan buncis yang kemarin kumasak masih bersisa, dengan nasi impor dari Thailand yang cukup otentik. Makan malamku sempurna.


20 Januari 2013

Independent Activities Period, Period

Dengan sistem kalender yang 4-1-4 (4 bulan Fall semester, 1 bulan Winter term, dan 4 bulan Spring semester), MIT memiliki cara tersendiri untuk mengutilisasi mahasiswa-mahasiswanya yang haus akan ilmu (yang tidak melulu soal kuliah formal). Karena itulah, Winter term (atau sebagaimana mahasiswa Harvard menyebutnya: January term/ J-term) di MIT disebut juga Independent Activities Period (IAP). Beberapa teman saya ada yang masih di kampung halamannya, tapi kebanyakan dari mereka kembali untuk mengambil kelas, atau sekadar leyeh-leyeh (bersantai) dan 'belajar' apapun yang ingin mereka ketahui. Penasaran ada apa saja kelas/ aktivitas yang berlangsung selama 1 bulan IAP ini? Iseng-iseng, coba cek http://web.mit.edu/iap/. Contoh beberapa aktivitas yang menarik: di asramaku, ada wine-tasting class (tentunya untuk mereka yang sudah berumur di atas 21 -drinking age di Amerika Serikat); ada juga charm school, semacam sekolah kepribadian yang mengajarkan cara berperilaku yang anggun dan benar (alah!); kesempatan membuat sesuatu dari gelas sendiri di Glass Lab MIT (termasuk melelehkan kaca, lalu meniup untuk membentuknya); dan favoritku: MIT Mystery Hunt (http://web.mit.edu/puzzle/www/) yang berlangsung selama 3-day weekend waktu libur Martin Luther King day. Cek beberapa puzzle yang digunakan tahun sebelumnya, benar-benar menarik.

Buatku sendiri, ada tiga kata yang mendeskripsikan IAP kali ini: Python, work, dan fencing.

Python? Apa itu Python?

Python lecture, foto diambil oleh Michael Cheung (MIT '16). Blognya yang menarik harus kamu cek, di:  http://mitadmissions.org/blogs/author/mcheung/archives.


13 Januari 2013

Menjadi Diri Sendiri

Sejak dulu, dulu sekali, kebanggaan orang tua selalu saya utamakan di atas keinginan saya, meskipun seringnya kebanggaan orang tua dan keinginan saya nyerempet, alias bersinggungan. Karena itu pula, seperti anak Indonesia normal lainnya, bermimpi masuk ke sekolah terbaik di kota tempat tinggal, dan kalau bisa, mendapat ranking satu. Walaupun Ibu karo (dan) Bapak-ku lebih sering bilang, "Yang paling penting itu, kamu merasa sudah melakukan hal terbaik yang bisa kamu lakukan. Bapak sama Ibu ikut senang kalau kamu senang, kok."

Orang-orang lain, sebagian besar dari mereka adalah teman Bapak dan Ibu, serta teman-temanku yang berbeda sekolah, biasa bertanya, "Gimana sekolah di sana, susah, nggak?"