19 April 2013

Untuk Bumi yang Kita Tinggali (dan Warga Greater Boston Area, Terutama MIT)

Halaman utama MIT Website hari ini

Seminggu terakhir merupakan satu minggu yang tak terbayangkan akan jadi bagian hidupku. Aku kira, bom Boston yang terjadi saat acara Boston Marathon akan jadi hal mengerikan terakhir di pengalaman hidupku. Aku pun berpikir hal yang sama dengan Tsunami di Aceh sebelumnya, bom Bali, dan juga gempa Yogyakarta yang menimpa keluarga besarku sebelumnya.


08 April 2013

Stabilitas

Pole diagram: real axes + imaginary axes = menentukan stabilitas hidup?

Manusia jelas maunya hidup yang stabil: dua anak cukup, punya rumah di suburban kota metropolitan serba ada, kerja lima hari seminggu, uang cukup untuk jalan-jalan ke luar negeri bersama keluarga sekali setahun juga untuk mudik tiap Lebaran, mampu berkurban kambing saat Idul Adha tiba dan menyekolahkan anak di perguruan tinggi terbaik di negeri ini. Tipikal gambaran hidup stabil suatu keluarga di Indonesia.

07 April 2013

The Esplanade Boston-Swing-Spring!

Foto diambil dari KenKen Photoblog, diambil tahun 2012: The Esplanade Boston.

"Saya harus tersenyum dan saya harus berbahagia dengan apapun yang saya miliki saat ini." Tulisan ini terpampang besar di whiteboard kecil di kamar asramaku di kampus. Dulu, biasanya saya menulis to-do list di papan itu, semacam "Problem Set 18.03 hari Kamis," atau "Proposal Project 8.02 hari Jumat." Tetapi saya memutuskan sesuatu beberapa hari yang lalu. Semuanya berasal dari cara pandang kita sendiri akan sesuatu. Basi sekali memang, apa boleh buat. Tekad baru tak ada salahnya, kan? Ada beberapa hal yang kulakukan: