27 Mei 2013

Cimahi: Bukan Sekadar Bandung Coret

"Kamu asalnya dari mana?"

Saat bertemu dengan orang-orang yang baru kukenal, selalu ada dua pilihan dalam menjawab pertanyaan ini. Jika aku menjawab, "Dari Bandung," mereka tak akan bertanya-tanya lagi dan akan membalas dengan anggukkan mengerti. Tetapi, jika aku menjawab, "Dari Cimahi," hampir dapat dipastikan, mereka akan langsung menyambar, "Cimahi itu di mana?"

Cimahi itu tak hanya soal komunitas death metal-nya, kawan!

23 Mei 2013

UP (The Umbrella Project): When Technology Meets Art



MIT CSAIL (Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory) dan Pilobolus, hari Minggu kemarin mengadakan acara luar biasa: UP (The Umbrella Project) di Barry Astroturf Field. Seperti yang bisa kalian bisa lihat di videonya, 'eksperimen' ini benar-benar sederhana: ratusan orang diberikan payung dengan lampu LED tiga jenis: merah, hijau, dan biru, yang bisa dinyalakan sendiri-sendiri, dua-dua, atau tiga-tiganya sekaligus.

An umbrella never looked this awkward before.


13 Mei 2013

Rasa Indonesia di Batas Dunia

Ada satu hal luar biasa mengenai hubungan antar-manusia, mengenai kelompok kecil, negara, kesukuan, serta budaya, bahasa, dan rasa saling memiliki. Kamu, yang lahir dan dibesarkan di negara bernama Indonesia, kemudian pergi merantau, membawa apa yang kamu sebut identitas dirimu.

Beruntunglah aku, yang menemukan komunitas orang-orang Indonesia di daerah Boston. George Sherman Union, Boston University, menjadi saksi hari Sabtu yang luar biasa: Indonesian Cultural Night 2013 yang diadakan Perhimpunan Mahasiswa di Amerika Serikat (Permias)- Massachusetts.

Jujur, awalnya aku agak skeptis, ketika aku ditawari untuk ikut menari Saman dengan 6 teman-teman dari Indonesia lainnya. Masih ingat Southeast Asian Cultural Night yang diadakan di MIT? Saat itu, untuk tari Saman, kami berlatih hingga 3 minggu sebelumnya secara rutin, minimal 2 kali seminggu. Tetapi ternyata teman-teman baruku yang tidak hanya dari MIT, tetapi juga dari Boston University dan Harvard, benar-benar cepat dalam menghafal gerakan baru. Hasilnya luar biasa!

 Foto ini diambil oleh Rafael Widjajahakim.