28 Oktober 2013

Sumpah (Serapah) Pemuda Indonesia

Esai singkat ini pernah diikutkan dalam lomba tingkat sekolah di SMAN 3 Bandung tahun 2009. Kata-katanya memang terdengar klise, mohon maklum. Selamat Hari Pemuda Indonesia, semoga yang keluar dari kita bukan hanya sumpah serapah saja, tetapi benar-benar sumpah yang merubah.


Sejarah sudah ditahbiskan di berlembar-lembar kertas. Saksi hidup yang telah disaput tanah pun sudah serahkan hal yang seharusnya dikatakan. Seperti yang diprediksikan, sejarah hanya akan dikenang, seumpama aroma dedaunan yang mengingatkan pada panjangnya musim meranggas, atau wangi khas tanah yang mengingatkan pada dinginnya musim penghujan.

Banyak kepala, banyak tanya yang muncul. Selalu: buat apa dikenang, buat apa diingat kembali?


Keputusan (Kraton) Yogyakarta

Apa yang akan terjadi jika Sultan Hamengkubuwono IX tidak mengirimkan pesan pada Soekarno untuk bergabung dengan Indonesia pada tahun 1945?


GKR Hayu dan KPH Notonegoro.


27 Oktober 2013

Meja Perayaan dan Kangkung Belacan

Musim gugur hampir berakhir. Angin saat musim perpindahan seperti ini biasanya lebih kencang. Hanya mengenakan jaket fleece yang dibelinya saat diskon besar-besaran tahun lalu, Arina merasa kedinginan. Dia pun berlari kecil setelah keluar dari stasiun kereta bawah tanah Chinatown. "Tapi Boston akan lebih dingin daripada ini saat musim dingin nanti, aku tak boleh mengeluh," pikirnya.


20 Oktober 2013

Ragam: Manggung Angklung, Idul Adha, Musim Gugur, dan Regatta

I know it's long overdue...



Oleh-oleh dari Southeast Asian Cultural Night 2013 di MIT!

Tahun lalu, AIS (Association of Indonesian Students) berpartisipasi dalam acara SEA Cultural Night ini dengan menampilkan Tari Saman dan menyajikan makanan Indonesia (rendang dan telur balado). Tahun ini pun kurang lebih sama. Karena waktu latihan yang amat terbatas, kami memutuskan untuk menampilkan angklung. Jadilah kami bertujuh, dari kiri ke kanan: Jonathan Mailoa, Rezy Pradipta, Azalea Ayuningtyas, Novalia Pishesha, Noor Titan Hartono, Rhogerry Deshycka, dan Erioseto Hendranata. FYI, yang anak undergrad-nya hanya aku dan Gerry lho, hehe. 


06 Oktober 2013

Semester Tiga Teknik Mesin di MIT

Halo! Apa kabar kalian semua? Semoga Allah senantiasa memberikan berkah-Nya yang tak terkira buat kita semua, ya.

Karena banyak teman-teman yang bertanya mengenai seperti apa kelas di MIT, kali ini, aku ingin bercerita banyak mengenai kuliahku di jurusan teknik mesin (fleksibel) di MIT semester tiga ini. Jika ada orang yang bilang bahwa ilmu itu candu, aku akan setuju dengannya. Setelah setahun kemarin mengalami TPB, alias Tahapan Persiapan Bersama di sini, di mana aku harus mengambil kelas-kelas umum dasar semacam Kalkulus, Fisika Dasar, Intro Biologi, Kimia Dasar, dan sebagainya, tahun ini akhirnya aku benar-benar belajar tentang teknik mesin! Hore!