28 November 2013

Menyelamatkan Bumi & Menghancurkan Astro (2.00 DP1)++

Hal pertama yang aku ingin lakukan ketika berada di laman ini adalah menuliskan seberapa beratnya beban akademisku selama tiga-empat minggu terakhir. Karena itu aku belum sempat menulis hal-hal yang ingin kubagikan dengan kalian semua. Tetapi karena hari Rabu-Minggu ini libur (Thanksgiving Day!), akhirnya aku memiliki kesempatan untuk menulis di sini. Hore!


15 November 2013

'Aneh tapi Nyata' - Evan Ziporyn

Ada suatu hal menggelitik yang dibahas oleh dosen musikku hari Selasa lalu. Setelah minggu lalu yang intens dengan musik dan tari Bali, kemudian ditutup dengan konser Gamelan Galak Tika, minggu ini kelas musikku mengambil satu langkah ke belakang dan mencoba merenung lebih banyak.


Bandar Udara yang Romantis


View Larger Map
Logan International Airport
Jika ada seseorang bertanya, "Di mana tempat paling romantis di dunia?" aku pasti akan menjawab dengan cepat, "Di bandar udara."

11 November 2013

Tips: Mengalahkan Musim Dingin untuk Manusia Tropis

*I no longer update this blog, I have moved to: https://noortitan.wordpress.com. Thanks!

Daun-daun kuning, merah, dan jingga sudah habis rontok semua. Suhu di malam hari sudah menyentuh di bawah nol derajat. Jaketmu yang dibawa dari Indonesia sudah tidak mempan lagi menahan angin yang menusuk. Musim dingin sudah di depan mata, walau belum ada salju yang turun. Ini kali pertama kamu pergi ke negeri empat musim, dan kamu mulai misuh-misuh sendiri karena kedinginan.

Tenang, berikut ini hal yang bisa kutawarkan sebagai mahasiswa berdarah tropis yang sedang menjalani tahun keempatnya di Amerika Serikat, hehe.



10 November 2013

'Kotekan' dan 'Angsel' Gamelan Galak Tika

Pak Maman dan Pak Iim, dua guru kesenianku di sekolah dasar, selalu berada di ruang degung setelah jam pelajaran berakhir. Siapapun yang ingin bermain degung Sunda (tipe gamelan di daerah Jawa Barat), dipersilakan untuk belajar dan bermain sepuasnya. Sejak kelas empat sekolah dasar, aku sudah akrab dengan saron, gong, kecapi, bonang, dan suling. Spesialisasiku saat itu, tentu saja, adalah gong dan saron. Gong sangatlah penting, karena dialah yang menjaga ritme lagu, sedangkan saron sangat menarik, karena dia yang paling lincah dan nada-nadanya berlari ke sana kemari.

04 November 2013

Take a Break and Reward Yourself!

Ada hal implisit yang sering aku sampaikan di entri-entri yang kutulis.

Tetap kalem dan jangan lupa beristirahat. 

03 November 2013

Introduction to Design (and MIT Hack!)

Halo-halo-halo! Apa kabar kalian semua? Cambridge dan Boston sudah mulai dingin, dan beberapa hari yang lalu anginnya kencang sekali (dan semua dedaunan langsung rontok!). Rasanya sebenarnya menyenangkan sekali untuk berjalan di atas dedaunan rontok yang kuning, merah, dan jingga. Ada bunyi 'kresek-kresek' yang menyenangkan di sana!

Seperti yang sudah saya jelaskan dalam entri sebelumnya, walaupun sistem kuliah di MIT termasuk dalam semesteran, kelas yang saya ambil dalam jurusan 2-A semester ini kebanyakan sistemnya kuarter. Alhamdulillah, kuarter pertama sudah selesai dan saya berhasil menyelesaikan satu kelas (2.01 -Elements of Structures) kemarin dengan gemilang. Terima kasih pada dosen 2.01 saya yang resmi jadi dosen favorit saya di MIT: Prof. Simona Socrate!