27 Desember 2013

Tips: Bagi Mereka yang Tak Pulang

Mahasiswa-mahasiswa mendorong kopernya pulang, melewati tumpukan salju 6 inci tersebut. Senyum mereka mengembang: satu semester lagi telah mereka lewati, dan keluarga menunggu mereka di rumah. Meskipun mereka tahu pesawat mereka akan delay karena sejak kemarin badai salju belum berhenti, toh mereka tetap bersemangat juga. "I cannot wait to get out of this campus," begitu kata salah satu dari mereka.

Aku? Ah, aku.


23 Desember 2013

Printilan: Hari Cuci Baju

Blog post kali ini terinspirasi dari temanku yang sedang mengikuti pertukaran pelajar di Korea Selatan, Ratna. Suatu kali dia bercerita tentang bagaimana mencuci baju di asramanya. Hal kecil, tapi membuat penasaran beberapa orang. Apa dijemur di luar? Apa sama dengan di Indonesia?

Tiap hari Minggu, keranjang baju kotorku penuh. Ini hari cuci baju buatku, alias laundry day. Hal pertama yang harus kulakukan adalah menyalakan laptopku. Lho, kok?

Laundryview: cara mudah melihat apakah ada mesin cuci yang kosong.


17 Desember 2013

Cerita dari Kereta Kota

Survival guide #1 di Boston. Diambil dari sini.

Seseorang tiba-tiba naik red line, kereta merah di Stasiun Park Street. Matanya merah, jelalatan. Sontak kubuang pandanganku, pelajaran yang kudapat tahun lalu ketika tak mampu menjawab pertanyaan professorku masih jelas, "Kalau kamu tak mau diajak bicara atau ditanya, hal pertama yang harus kamu hindari adalah kontak mata."


15 Desember 2013

It's Your Day

I have never been this grateful to whoever invented social media. Without him/her/them, I would not receive so much love in the past two days. Thank you everyone who took time to congratulate and pray for me. I really appreciate it.

12 Desember 2013

Robot Pertama

11 Desember 2013. Pagi ini aku bangun dengan semangat; bukan hanya karena hari ini adalah hari terakhir kuliah, tetapi juga karena ada dua projects yang akan kupresentasikan hari ini: DP2 2.00 Introduction to Design (yang akan aku ceritakan lebih lanjut di post berikutnya setelah Prof. Yang merilis link Flickr untuk foto-fotonya), dan Autonomous Line-Following Robotic Carts 2.678 Electronics for Mechanical Systems.

Perkenalkan, ini robot milikku dan partnerku, Fernando Cunha. Robot #35 ini sudah 'menderita' puluhan kali uji coba (dan makian, karena tidak bekerja sesuai dengan keinginan).


04 Desember 2013

Homogen

Katanya, orang yang menghabiskan hidupnya di lingkungan yang serba homogen, di mana dia adalah bagian dari mayoritas, belum tentu punya sensitivitas dan empati yang sama dengan orang yang terbiasa tinggal di lingkungan yang serba heterogen. Benarkah?