10 Januari 2014

Tips: Applying to UWC!

*I no longer update this blog, I have moved to: https://noortitan.wordpress.com. Thanks!

Halo, kawan-kawan! Semoga kabar kalian luar biasa, ya!

Sudah dengar kabarnya, belum? Pendaftaran UWC dari Indonesia National Committee tahun ini sudah dibuka, lho. Bagi teman-teman yang punya kenalan, atau adik yang masih kelas XI SMA dan berminat untuk meneruskan SMA/ pre-college di luar negeri, lalu (kemungkinan besar) universitas di luar negeri, patut mencoba kesempatan yang satu ini. Batas akhir pendaftarannya 7 Februari 2014, dicatat ya!


UWC, atau United World College, adalah SMA/ pre-college (tahun ke-11 dan ke-12) yang siswa-siswanya berasal dari puluhan negara di dunia, baik itu dari beasiswa penuh atau parsial. Mereka semua dididik dalam sekolah berasrama, dan kegiatan-kegiatan ekstrakurikulernya menekankan pada misi perdamaian dunia dan pembangunan yang berkelanjutan. UWC sendiri memiliki 14 kampus di seluruh dunia, di negara yang berbeda-beda. Singkatnya, bisa kamu lihat di tulisanku tentang UWC di Indonesia Mengglobal, web-nya UWC, web-nya sekolahku dulu: UWC-USA, dan web tim penyeleksi di Indonesia: UWC Indonesia National Committee.

Banyak adik-adik yang bertanya tentang tips untuk mendaftar dan sukses di proses aplikasi untuk masuk UWC. Tipsnya mungkin agak rancu, tapi semoga membantu. Sampai sekarang pun aku belum tahu kenapa aku bisa lolos seleksi waktu itu, haha.

Menulis Essay?


Pertanyaan dari aplikasi tahun ini.

Seperti yang bisa kamu baca di web-nya UWC Indonesia NC, Bahasa Inggris memang bukan syarat utama dalam seleksi. Tetapi, kamu akan bersekolah di tempat yang pengantar bahasanya Bahasa Inggris. Jadi, essay-mu harus dipastikan bersih dari kesalahan grammar, karena you have no excuse. National Committee tak akan segan-segan mencoret namamu karena kalau essay-mu saja berantakan, apalagi saat kamu maju ke tahap berikutnya dan diwawancara, bukan?

Yang jelas, karena jumlah kata yang bisa kamu tulis terbatas -hanya 500 kata saja, usahakan setiap kalimat yang kamu tulis dapat dimengerti dan penting. Jika hal-hal seperti nilai raportmu yang cemerlang, atau prestasi yang telah kamu raih sudah disebutkan di bagian lain aplikasimu, jangan diulang lagi, karena tidak efektif, dan membuatmu 'membuang-buang kesempatan menjual dirimu'. 

Jika kamu tidak punya ide sama sekali tentang tema essaymu, do a quick Google search, baca koran, amati sekitarmu, dan tanya kapasitas dirimu. Karena kalau ide/ opinimu tidak meyakinkan, tak ada alasan bagi Indonesia NC untuk memilihmu.

Bahasa Inggris?

Seperti yang telah kujelaskan sebelumnya, Bahasa Inggris bukan syarat utama. So, it is OK if you have no proof of TOEFL or other English ability tests. Hanya saja, kamu perlu ingat bahwa memastikan aplikasimu bersih dari kata-kata janggal, atau salah-salah grammar, wajib hukumnya.

Jika kamu dipanggil untuk maju ke tahap wawancara, Bahasa Inggrismu harus dipoles agar kamu bisa berinteraksi dengan penyeleksi. Hal yang perlu diingat adalah, jangan sampai kamu merasa Bahasa Inggrismu benar-benar tidak bisa diandalkan hingga jatuh ke dalam perangkap 'menghafalkan wawancara'. Ada beberapa orang yang kukenal yang jatuh ke dalam perangkap satu ini. Bukannya terdengar professional dan meyakinkan, malah terdengarnya tidak genuine alias palsu karena terkesan dibuat-buat. 

Celakanya lagi, kalau mereka memberikan pertanyaan yang tidak kamu persiapkan sebelumnya. Kemudian kamu menjadi gagap. Lalu semua hal di kepala buyar. Lalu ada awkward silence, atau, "Rrr... Rrrr...," yang panjang. Jadinya ketahuan aslinya bagaimana. Akhirnya saat kamu keluar ruangan wawancara lalu orangtuamu bertanya bagaimana wawancaranya tadi, kamu akan menjawab, "Tidak seperti harapan..."

Menjual Diri dengan Pas?

Semua orang tahu, setiap manusia di dunia tak ada yang dilahirkan sama persis. Karena itu, tak ada rumus mutlak tipe orang seperti apa yang lolos wawancara dan seleksi. Yang ada hanyalah good fit.

Good fit, alias kecocokan, adalah basis utama di tahap wawancara. Semua yang lolos ke tahap wawancara, secara umum berhasil melewati saringan pertama: nilai, ekstrakurikuler, motivasi, kemampuan. Jadi, saat wawancara, penyeleksi mencoba memilah, siapa yang akan lebih cocok ditempatkan di A, atau B, atau tidak cocok di manapun. 

Jadi, pikirkan apa saja hal yang ingin kamu katakan saat wawancara, dan relevansinya dengan karakter yang penyeleksi cari. Jangan terlalu 'mengobral diri' karena akan terkesan sombong, tetapi jangan juga terlalu malu-malu karena pewawancara akan berakhir tidak mengetahui apapun tentang dirimu.

Sikap dan Senyum!

Jika semua persiapanmu sudah matang dan kepercayaan diri sudah di tangan, hal yang perlu diperhatikan berikutnya saat wawancara adalah attitude. Secara tidak langsung, Indonesia NC mencoba memilih wakil Indonesia, orang yang akan merepresentasikan Indonesia di mata dunia. Kamu akan menjadi orang Indonesia pertama yang beberapa orang akan kenal selama hidup mereka, dan kesan tentang dirimu akan melekat dalam image Indonesia. Beberapa orang mengaku padaku, mereka tidak menyukai beberapa negara karena satu-dua orang dari negara tersebut kurang mereka sukai.

Karena itu, sikapmu terhadap orang lain dan senyummu itu benar-benar penting, tidak hanya saat wawancara, tapi saat berinteraksi secara umum.

Doa

Tak lupa, yang paling penting adalah doa. Selain menenangkan hati, berdoa juga membuatmu pasrah, sehingga tidak terlalu bergembira jika hasilnya menggembirakan, atau terlalu bersedih jika hasilnya menyedihkan. Menjaga kadar emosi supaya pas dan tepat.

Akhir kata, best of luck untuk aplikasinya. Semoga aku bisa bertemu kalian secara langsung musim panas ini, saat menyambut kalian dan mengucapkan dengan hangat, "Selamat datang di keluarga besar UWC Indonesia!"

55 komentar:

  1. Wah... Tipsnya boleh banget nih buat adikku yang masih SMA. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ayo adiknya diajak :) Teman-teman adiknya juga boleh!

      Hapus
    2. Wah kak terima kasih banyak ya tipsnya ya !!!walaupun saya masih kelas 3 smp di smpn 13 bandung :) ...haturr nuhunn tehh

      Hapus
  2. ka titan,mau tanya nih,kalo apply ke UWC harus dari rekomendasi sekolah dulu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus ada rekomendasi dari kepala sekolah :)

      Hapus
  3. Halo Kak, aku tertarik banget dengan program ini. Kalo program ini berangkatnya kapan ya? Aku pengen apply, tapi aku jg lg proses utk keberangkatan student exchange ke USA lewat program YES bulan Agustus nanti, jd takut bentrok :)

    BalasHapus
  4. makasih tipsnya kak, saya bookmark dulu buat ikutan di tahun 2016 nanti, siapa tau bisa keterima hehehe... ^____^

    BalasHapus
  5. kak titan, sebelum mendaftar ke uwc , aplikasi apa saja yang harus di persiapkan kak?, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek uwcindonesia.org untuk detailnya, ya :)

      Hapus
    2. kak titan yg hal 1 no. 9 itu, milih collegesnya satu atau lebih kak ?

      Hapus
    3. Diurutkan pilihan pertama sampai terakhir.

      Hapus
    4. maaf kak, mau nanya lagi, kalau untuk yang sekolahnya di kejuruan (smk) bisa kak, ikut mendaftar juga ?

      Hapus
    5. Kurang tahu, coba tanya via email dan Twitter ya ke NCnya.

      Hapus
  6. Halo kak titan! Kak kalo boleh tahu syarat syaratnya apa aja ya kak? Makasih sebelumnya kak :)

    BalasHapus
  7. halo kak :) rencana saya mau ikut tahun ini kak,tapi ada pertanyaan yang buat saya ragu,pertanyaan itu di applicant form hal 4 no19,tolong dibantu ya kak,trimakasih kak :) salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal! Singkatnya hobi/ hal yang kamu sukai yang kamu ingin pewawancara tahu. Best of luck!

      Hapus
    2. trimakasih kak...maaf ya kak,,saya mau tanya lagi kak,,kan ada pertanyaan di hal yang ke 5,2 buah pertanyaan itu saya jawabnya tentang lingkungan,tapi pertanyaan hal 1 no.9 tidak ada colleges yang cocok dengan saya,,kalau itu bagaimana solusinya kak ?? mohon dibantu ya :) maaf merepotkan kak :)

      Hapus
    3. Tidak cocok bagaimana? Kan sekolah yang ditawarkan hanya itu? :)

      Hapus
  8. ka titan,kalo tema essaynya itu harus dari 2 nomor itu,atau temanya boleh bebas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ka titan kalo essaynya boleh lebih dari 500 kata ngga?

      Hapus
    2. Sekitar 500 kata. Kalaupun lebih, jangan terlalu banyak.

      Hapus
  9. mau tanya mbak, pasca dari uwc bagaimana ya? apakah sama dengan program pertukaran pelajar afs atau yes, yg setelah selesai langsung kembali ke indonesia? Mbak melanjutkan ke MIT itu atas pilihan sendiri kemudian ikut tes atau uwc yang menguruskan sampai masuk MIT? terima kasih atas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasca UWC itu kamu bisa memilih untuk meneruskan universitas di luar atau di dalam negeri. Saya melanjutkan ke MIT karena saya daftar ke sana. Sekitar 90% lulusan UWC meneruskan jenjang pendidikan yang lebih tinggi di AS & Eropa dengan bantuan finansial dan beasiswa loh :)

      Hapus
  10. Hallo kak titan, saya coba apply ke UWC tahun ini, tapi ada yang ingin saya tanya.Di form halaman 2 nomor 7,kalau belum pernah keluar negeri bagaimana kak?.Dan nomor 10-19 diisi dengan huruf besar semua kak?tolong dijawab kak,trimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halaman 2 nomor 7 itu kamu harus mengurutkan sekolah dari yang paling ingin kamu tuju, hingga yang kurang kamu minati. Terserah mau tulisan besar atau kecil, yang penting terbaca jelas. Good luck!

      Hapus
  11. Kak,saya mau tanya,bisa ngga application formnya dikirim pas lewat dari tanggal deadlinenya? sekolah saya takut untuk memberi rekomendasi soalnya lagi marak human trafficking jadi prosesnya lama. bisa ngga kak kira-kira?semuanya sudah siap kecuali rekomendasi sekolah. tolong dijawab ya ka,terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. E-mail langsung saja ke mereka. Semoga mereka memaklumi. Best of luck!

      Hapus
  12. kak, kalau saya dipanggil utk wawancara tapi inggris saya ga bagus gimana? ada saran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Persiapkan dengan sebaik-baiknya dong :) Good luck!

      Hapus
  13. Kak saya baru tahu kalau ada info program ini. kira kira masih ada kemungkinan buat coba applied programnya gak kak ? :'( Please...

    BalasHapus
  14. Makasih Mbak Titan untuk sarannya.. Sangat membantu hehe ;)

    BalasHapus
  15. Kak kira" kriteria penulisan essay yang mereka cari itu beradasarkan kata" yang bagus atau isi nya kak ? Di setiap uwc ada dorm nya kan kak , dorm nya itu termasuk dalam scholarship nya gk kak ? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Isinya yang paling penting. Tergantung UWCnya, karena mungkin sekarang peraturannya sudah berubah. Best of luck!

      Hapus
  16. kak apakah pendaftaran uwc itu hanya untuk kelas 11 SMA klo 12 SMA tidak boleh ?
    #saya masih kls 1 smstr 1..hehehe, cuman tanya
    tapi ada kata-kata ini kak "Academic transcripts or report card from the first year until THE LAST COMPLETED QUARTER/SEMESTER of Junior High School/SMP and High School/SMA" - dkutip dari official web UWC
    ----> the last semester kan kelas 12 SMA kak ??? mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahuku kelas 12 tidak boleh, tanya langsung ke National Committeenya ya. Last completed quarter/ semester refers to semester terakhir yang kamu ikuti (kelas 11: semester 3).

      Hapus
  17. Ka Titan. Test UWC ada berapa tahap Ka?.

    BalasHapus
  18. Kak, terima kasih banyak ya atas tipsnya,hatur nuhun teh pinter nu geuliss :)

    BalasHapus
  19. Chalisa Humaira23 Desember 2015 13.07

    Hi kak titan salam kenal :)
    kak, saya mau nanya yang form section A page 3 of 7 yg nomor 9 itu kita nomori ya kak ngisinya? misal saya ingin uwc usa jdi saya buat nomor 1 gitu dan seterusnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tahu, hehe, coba tanya langsung National Committeenya ya: http://uwcindonesia.org/contact-us

      Hapus
  20. Halo kak! mau tanya nih tentang UWC hehe
    Fee jika kita keterima itu dari pihak NC nya atau pribadi ya? (ex. cost living, travel, supplies)
    Kalo kak Titan waktu itu seperti apa?
    Terima kasih kak :)

    BalasHapus
  21. Halo kak! mau tanya nih tentang UWC hehe
    Fee jika kita keterima itu dari pihak NC nya atau pribadi ya? (ex. cost living, travel, supplies)
    Kalo kak Titan waktu itu seperti apa?
    Terima kasih kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya waktu itu dapat partial. Tapi ada juga yang dapat full. Best of luck!

      Hapus
  22. Kak, saat ini saya duduk di bangku kelas 10 sma yang harus saya persiapkan buat tahun kedepannya masuk uwc apa ya kak ?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, sesuai yang ditulis di post kali ini, ya.

      Hapus
  23. Kak saya mau apply buat tahun 2016 tapi saya bingung dengan pertanyaan nomor 11 di secA
    Tolong dijawab secepatnya ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tanyakan National Committeenya langsung, ya: http://uwcindonesia.org/contact-us

      Hapus
  24. Kak mau tanya, apakah seleksi uwc ini hanya terbuka untuk sekolah2 tertentu saja di indonesia? ataukah seleksinya terbuka untuk 'siapa saja'?
    soalnya aku sempat baca, bahwa, pihak uwc ngedatengin salah satu sekolah, trus yg ikut test nya adalah siswa2 sekolah itu.. jadi misalkan, sekolah aku gak didatangin oleh pihak uwc, tapi bisa gak aku submit form ke web uwc buat ikut seleksi? makasih banyak kak, minta bantuannya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terbuka untuk siapapun kok. Boleh langsung apply saja. Best of luck!

      Hapus
  25. Hi,
    My name is Thu and I come from Vietnam.I'm planning to apply to UWC this year and the application will be out in August 2016. On last year application, Vietnamese applicants were asked to write 2 essays, one of them was: " Write a statement explaining why you are interested in attending a United World College and reflecting on UWC's mission and values, what you might contribute to the world, and what you would hope to gain from the experience."
    Can you give me some advice on what I should write on this? I really have no idea what to write to make my apllication look special in the pool of applicants. Should I write a story?
    I'm really nervous now.Please help me :(
    Best regards,
    Thu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello, Thu!

      I believe the process varies from countries, to countries. A little advice: it's always better to be yourself, and talk about what you're really passionate about.

      I have a UWC Vietnamese friend, his name is Vu Chau (https://chauthanhvu.com/). Perhaps you could contact him directly?

      Best of luck!

      Hapus