09 Februari 2014

I Am Getting Engaged 1

Tunangan dengan siapa? Haha.

Sekitar 80-90% teman-teman seangkatanku di kampusku akan bertunangan, dengan MIT. Lebih tepatnya, kami akan mendapatkan class ring atau cincin angkatan, yang dikenal sebagai Brass Rat. Seperti tradisi lainnya, Brass Rat ini adalah salah satu tradisi yang sudah berlangsung lama sekali, sejak tahun 1929 (MIT sendiri didirikan tahun 1861). Kebanyakan orang mengenakannya di jari manis tangan kanan (bukan tangan kiri, haha), karena itu banyak yang bilang, "I love MIT so much... that I'm willing to get engaged with 'him'."

Konon katanya, mahasiswa S1 MIT hanya berkumpul semua tiga kali saat kuliah di sini: saat convocation/ mengambil freshman picture (saat minggu pertama para mahasiswa baru tiba di MIT), saat commencement/ wisuda, dan saat Ring Premiere, event di mana desain cincin angkatan dipublikasikan.

Mungkin kalian bertanya-tanya, mengapa cincin ini benar-benar berarti untuk mahasiswa dan alumni MIT?

Karena Tony Stark di Iron Man pun yang dikisahkan sebagai alumni, menggunakan Brass Rat-nya dengan bangga. Foto diambil dari sini.

Cincin ini dikenal luas oleh masyarakat, bukan hanya sebagai penanda almamater, tetapi juga sebagai tag kalau ada sesama alumni MIT di antara orang-orang yang kamu temui. Apalagi kalau bukan soal jaringan, prestise, dan spirit? FYI, banyak universitas lain yang memiliki cincin angkatan seperti di MIT. Tetapi, Brass Rat MIT benar-benar unik karena desain tiap angkatannya berbeda satu sama lain.


RingComm, alias Ring Committee terpilih bertugas untuk mendesain cincin, merencanakan acara Ring Premiere (acara ketika desain cincin dipublikasikan), dan mengurus acara Ring Delivery (acara ketika cincin dibagikan, biasanya sangat formal). Dari tahun ke tahun, Ring Premiere diadakan hari Jumat malam di minggu pertama semester 4 (atau spring semester tingkat 2 -sophomore year), lalu Ring Delivery diadakan bulan April/ Mei semester yang sama.

Penasaran dengan desain cincin angkatanku, angkatan 2016?

Desain bezel/ muka cincin angkatan 2016, diambil dari sini.

Beaver, alias berang-berang adalah maskot MIT, yang menggambarkan natural engineer, teknisi alam. Kalau kalian perhatikan detailnya baik-baik, kalian bisa melihat betapa desainnya telah dipikirkan baik-baik dan dipertimbangkan matang-matang. Di pegangan jembatannya, misalkan, kalian bisa lihat ada DNA helix. Lalu angka 149 adalah tanda bahwa angkatanku akan menjadi angkatan ke-149 yang lulus dari MIT. Kemudian ada daun-daun ivies yang berjatuhan di sekitar, menggambarkan bahwa MIT lebih superior dibandingkan Ivy Leagues (Harvard, Yale, Brown, Dartmouth, Princeton, Cornell, UPenn, Columbia), hehe. Kemudian di atas Green Building (gedung paling tinggi di Cambridge), ada bola baseball yang bertuliskan Boston Strong, untuk memperingati bom saat Boston Marathon tahun lalu. Ada banyak hal lainnya, seperti 'IHTFP' -motto mahasiswa MIT, kalender suku Maya, obor olimpiade bertuliskan 'XVI', tulisan MIT di kabel jembatan (yang mirip dengan jembatan di Bandung), bola dunia, transistor, bahkan arc reactor-nya Iron Man!

Apakah hanya muka cincin yang didesain secara hati-hati?

























Class Shank dan Seal Shank, dengan desain yang unik juga. Apa yang kamu temukan? Ada Hedwig di sana, loh!

Class Shank dan Seal Shank ini memenuhi bagian kiri dan kanal dari muka cincin. Sama halnya dengan berang-berang di atas yang menyimpan berjuta 'misteri', kedua shanks ini juga menyimpan banyak hal-hal trivial yang bisa kamu temukan. Ada yang mau menambahkan? Hehe. Kalau ingin mengecek seberapa banyak hal yang kamu temukan, kamu bisa mengeceknya di sini.

Bagian spesialnya, tentu saja, di balik muka cincinnya, yang tak terlihat oleh orang lain, tersimpan hackers map, atau map MIT beserta terowongan-terowongan yang menghubungkan satu gedung dengan gedung lainnya.

Hackers Map. Di manakah gedung 10? Di manakah gedung 32?

Adakah hal lain dalam Brass Rat yang kalian belum tahu? Sisi atas dan bawah muka cincin juga mempunyai gambar yang berbeda. Sisi atas adalah pemandangan MIT di Cambridge dari Boston, tepatnya seberang Sungai Charles. Sisi bawah adalah pemandangan Boston dari MIT, juga dari seberang Sungai Charles. Apa hal yang menarik?

Hint-hint-hint: Ada golden ratio di skyline di atas! Atas: Cambridge skyline, bawah: Boston skyline.

Ingat tradisi memindahkan tali topi toga dari satu sisi ke sisi lainnya sebagai penanda kelulusan seseorang? Cincin ini pun punya hal yang sama. Saat mahasiswa MIT masih kuliah, mereka menggunakan cincin dengan pemandangan Boston terlihat dari cincin mereka (menandakan bahwa mereka adalah 'orang dalam' MIT), dan berang-berang seolah-olah 'duduk' di atas mereka, sebagai simbol bahwa mereka sedang ditempa. Saat mereka lulus, mereka akan membalikkan cincin mereka, sehingga mereka bisa melihat pemandangan MIT di Cambridge (bahwa mereka telah menjadi 'orang luar' MIT), dan berang-berang seolah-olah 'duduk' di atas dunia, sebagai simbol bahwa sudah saatnya alumni MIT -si pemegang cincin, 'menduduki' dunia.

Ring Delivery tahun ini akan diadakan tanggal 24 April, dan aku sudah tidak sabar menunggunya! Tadi pagi, untuk memesan cincinnya saja aku dan teman-temanku harus menunggu sekitar 3 jam. Di manakah Ring Delivery tahun ini? Tunggu saja cerita-ceritanya, hehe.

Tahun lalu, untuk cincin angkatan 2015, mereka mengadakannya di Fenway Park, markas dari klub baseball kebanggaan Boston, Boston Red Sox.

Buat mahasiswa semester 4 di kampusku saat ini, yang penting kami semua berusaha hingga akhir semester ini, karena ada hal luar biasa yang menanti.
Did I give you too much MIT dose in one post? I am sorry. I am getting engaged to 'this guy' after allhaha.

7 komentar:

  1. Wih, disini apa perlu dibikin cincin juga ya? unyu sih :3

    BalasHapus
  2. Kaaak keren banget, aku merinding :"""

    BalasHapus
  3. Walah cincinnya bayar lagi? Bayarnya berapa emang? haha *kepo
    tapi asli ini keren bangeeeet, titannn!!!!
    ringcomm-nya dipilih atau emang pengen sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harganya lumayan bikin berdarah sih, tergantung kamunya mau yang emas, perak, atau nikel. Untung kemarin pas libur musim dingin kerja rodi, Lif, haha :)
      Ringcommnya dipilih sama ringcomm angkatan sebelumnya, makanya kadang mereka suka dikritik karena dianggap KKN. Tapi aku puas dengan desain tahun ini :3

      Hapus
  4. those ringgggg.... *sob*
    keren banget... lucky you! :)

    BalasHapus