26 Januari 2014

Independent Activities Period 2014!

Ini bulan Januari. Ada apa di bulan ini? Di kampusku ada winter term yang berlangsung selama sebulan, alias IAP (Independent Activities Period)! Setelah IAP tahun lalu belajar bahasa pemograman Python, kerja sambilan, dan belajar anggar, tahun ini aku mencoba hal yang berbeda. Tahun ini, aku tetap kerja sambilan (seperti biasa), lalu belajar menggunakan mesin mill dan lathe (kalau kamu anak Teknik Mesin, kamu pasti mengerti), ikut training untuk mendapatkan internship musim panas ini, dan belajar masak chocolate truffles dengan satu-satunya MIT Lab for Chocolate Science (yes, this does exist!).

Apa itu mesin mill dan lathe? Kedua mesin ini adalah sentral mesin untuk membuat sesuatu dari metal. Untuk bekerja dengan mill, stock-nya bentuknya terserah, boleh permukaannya persegi, persegi panjang, atau lingkaran. Dengan drill yang bergerak hingga 1200 rpm, kita membentuk stock tersebut. Sedangkan lathe itu, stock-nya biasanya silinder, dan yang berputar adalah stock-nya, bukan drill-nya. Kalau dari jauh, mill itu mesinnya tinggi besar, sedangkan lathe lebih ramping memanjang.

Apa yang kubuat dengan kedua mesin ini? Foto ini diambil dari Twitter-nya MIT Pappalardo Lab.

Senter tanpa kabel dari alumunium stock!


10 Januari 2014

Tips: Applying to UWC!

*I no longer update this blog, I have moved to: https://noortitan.wordpress.com. Thanks!

Halo, kawan-kawan! Semoga kabar kalian luar biasa, ya!

Sudah dengar kabarnya, belum? Pendaftaran UWC dari Indonesia National Committee tahun ini sudah dibuka, lho. Bagi teman-teman yang punya kenalan, atau adik yang masih kelas XI SMA dan berminat untuk meneruskan SMA/ pre-college di luar negeri, lalu (kemungkinan besar) universitas di luar negeri, patut mencoba kesempatan yang satu ini. Batas akhir pendaftarannya 7 Februari 2014, dicatat ya!

03 Januari 2014

Tahun Baru? Buku Baru!

From the top of my dorm: 200 degree-view. Pagi pertama 2014.

Pagi. Samar-samar aku teringat semalam kemarin: bersama kedua temanku, satu anak pertukaran pelajar -sama-sama dari Cimahi, dan satu lagi anak pertukaran pelajar dari Kirgizstan, kami berkeliling Boston. Mulai dari melihat kembang api di Boston Common, menonton berbagai pertunjukkan -dari stand up comedy hingga film pendek, dari konser band hingga puppet dan marionette, di Hynes Convention Center, lalu melihat detik pergantian tahun di dengan kembang api (lagi) di Boston Harbor.