17 Februari 2014

Printilan: Problem Sets

Sebagai mahasiswa kampus ini, ada satu teman akrab, sekaligus horor yang selalu menemani kami semua. Memastikan bahwa kami semua mengerti materi.



Problem Sets!


15 Februari 2014

2.00 DP2: Masa Depan Disposable Cup

Masih ingat dengan kelas 2.00-ku semester lalu? Ada dua project yang aku kerjakan, dan project-ku yang kedua belum sempat aku ceritakan. TA-ku, James Christian dan Qifang Wei, akhirnya, mem-posting foto-fotonya di Flickr-nya MIT Ideation Lab. Jadi, aku bisa bercerita pada kalian semua, hehe (hore!).

Tim DP2-ku, dari kiri ke kanan: aku, Tiffany Wong, Justin Pedley, Alejandro Gomez, diambil dari sini. Good job team!

Klien kami, Clover, adalah perusahaan food truck berbasis di Boston. Mereka menawarkan makan pagi, siang, dan malam yang lebih sehat dan fresh, dengan rasa yang luar biasa, yang mereka sebut sebagai clean flavor. 'Rasa yang bersih' kurang lebih artinya, konsumen tak perlu menambahkan zat additif. Kelezatan makanannya keluar dari bahan segarnya masing-masing. Tak ada vetsin, hehe. Konsepnya organik, dan mereka punya resep baru setiap harinya (!). Makanan vegetarian mereka juga luar biasa!

Ada satu masalah yang Ayr Muir, founder Clover, kemukakan pada kami.

09 Februari 2014

I Am Getting Engaged 1

Tunangan dengan siapa? Haha.

Sekitar 80-90% teman-teman seangkatanku di kampusku akan bertunangan, dengan MIT. Lebih tepatnya, kami akan mendapatkan class ring atau cincin angkatan, yang dikenal sebagai Brass Rat. Seperti tradisi lainnya, Brass Rat ini adalah salah satu tradisi yang sudah berlangsung lama sekali, sejak tahun 1929 (MIT sendiri didirikan tahun 1861). Kebanyakan orang mengenakannya di jari manis tangan kanan (bukan tangan kiri, haha), karena itu banyak yang bilang, "I love MIT so much... that I'm willing to get engaged with 'him'."

Konon katanya, mahasiswa S1 MIT hanya berkumpul semua tiga kali saat kuliah di sini: saat convocation/ mengambil freshman picture (saat minggu pertama para mahasiswa baru tiba di MIT), saat commencement/ wisuda, dan saat Ring Premiere, event di mana desain cincin angkatan dipublikasikan.

Mungkin kalian bertanya-tanya, mengapa cincin ini benar-benar berarti untuk mahasiswa dan alumni MIT?

Karena Tony Stark di Iron Man pun yang dikisahkan sebagai alumni, menggunakan Brass Rat-nya dengan bangga. Foto diambil dari sini.

Cincin ini dikenal luas oleh masyarakat, bukan hanya sebagai penanda almamater, tetapi juga sebagai tag kalau ada sesama alumni MIT di antara orang-orang yang kamu temui. Apalagi kalau bukan soal jaringan, prestise, dan spirit? FYI, banyak universitas lain yang memiliki cincin angkatan seperti di MIT. Tetapi, Brass Rat MIT benar-benar unik karena desain tiap angkatannya berbeda satu sama lain.


06 Februari 2014

Hijrah

I want to be a great person. I probably will be, and am still working towards it. Mungkin dengan cara yang berbeda, sesuatu yang mungkin tidak orang-orang pikirkan/ anjurkan sebelumnya.

"You've got a big opportunity in front of you. Take advantage of it! Kamu kuliah di (tulis nama perguruan tinggimu), coba semua hal di sana selagi bisa. YOLO!"

Berapa banyak orang yang telah mengatakan hal yang sama terhadapmu? Hitung, berapa persen akhirnya keputusan yang kamu lakukan dipengaruhi oleh orang-orang di sekitarmu, dan pada akhirnya kamu ragu apa yang kamu putuskan adalah hal yang baik bagimu?