26 November 2015

Waktu

Yang paling mahal memang waktu, ya.

Tinggal 12 hari lagi hingga Presentasi Final. Banyk sekali hal yang masih perlu dilakukan...

Meskipun kurang lebih, lampunya bekerja, masih banyak debugging yang harus dilakukan.
Semester ini aneh sekali rasanya. Terkadang, rasanya tak ada waktu yang cukup untuk melakukan semua hal yang harus dilakukan. Di lain waktu, hanya ada sedikit yang perlu dikerjakan pada saat itu, sehingga akhirnya aku hanya bisa menerka-nerka apa yang harus disiapkan berikutnya.

Kadang juga, aku menyempatkan diri mencari tahu hal baru. Atau mencari kawan baru. Satu hal yang kupelajari: jangan remehkan kekuatan business card.

Seperti datang ke Harvard Kennedy School untuk ikut konferensi yang bertemakan tentang Indonesia.
Atau kadang mati-matian mempersiapkan diri untuk presentasi. Meskipun hasilnya tidak maksimal karena demam panggung, yang penting rasanya lega dan puas setelah melewati itu semua.



Kadang juga aku kabur dan pergi, mencari waktu sendiri. Meyakinkan diri bahwa tidak ada salahnya makan kue favorit di bakery.

Green tea cake!
Lain waktu, aku pergi ke konser. Menikmati alunan nada-nada, mengenang memori yang makin tiada. Minggu lalu, contohnya, aku pergi ke sebuah konser klasik di kampus. Salah satu lagu yang mereka mainkan, Gershwin-Rhapsody Blue merupakan salah satu lagu yang mengingatkanku pada masa-masa aku dan kakakku sering maraton drama Jepang, haha.

Beethoven pun tak kalah apik. Iya, ini juga di auditorium yang sama dengan foto pertama di atas, hehe.
Kalau sedang lelah karena menghabiskan waktu seharian di lab, kadang aku ambil jalan pulang yang berbeda. Banyak sekali gedung di kampus yang belum pernah kujelajahi, dan kadang-kadang aku menemukan hal menarik seperti ini. Yang satu ini, diambil di salah satu gedung fakultas Urban Planning dan Arsitektur.

Tangga darurat dengan map kota. Tebak kota apa :)
Kadang juga, semuanya terasa benar-benar berat, meskipun sudah menghibur diri sendiri. Kalau sudah begitu, satu hal yang sering kali ampuh buatku: jalan-jalan singkat.

Meskipun ini jam 12 malam, dan di luar hujan.
 Atau tips lain: perhatikan sekitar dan ambil foto yng menurutmu menarik.

Seperti bendera yang dikerek oleh truk pemadam kebakaran.
Waktu memang mahal, dan kadang ada sejuta hal yang menunggu untuk dikerjakan. Tapi aku sadar, efisiensi menggunakan waktu itu adalah hal lain yang sangat penting. Kalau kamu butuh istirahat supaya bisa bekerja lebih efisien, kenapa tidak?

12 hari menuju Presentasi Final untuk 2.009. Mungkin liburan Thanksgiving ini aku boleh mulai nonton drama Korea baru, atau baca buku baru.

1 komentar:

  1. Lebih fokus mungkin bisa memangkas hal2 lain yang memakan waktu utk digunakan ke hal yg lebih mendesak.

    BalasHapus