22 Maret 2015

Perkenalkan, Namanya Semi

Namanya Semi. Dia hanya datang sekitar tiga bulan dalam setahun, sisanya dia pergi ke tempat yang lebih menerimanya, nomaden antara utara dan selatan. Di pusat khatulistiwa, dirinya tidak dikehendaki, dan kondisinya tidak memadai baginya untuk tinggal. Lagipula, pusat dikuasai oleh raja dari segala raja: musim panas yang sedang.

Namanya Semi. Saat dia tiba dan bertiup di suatu tempat, ruh-ruh di bunga-bunga kecil yang hanya bisa bersembunyi di dalam tanah saat Dingin datang saja terbangunkan, apalagi di pepohonan yang berani meranggaskan seluruh daun-daunnya.

Katanya, 'Semi sudah tiba. Kalian aman dari Dingin sekarang. Tumbuh dan berkembanglah,' lalu serentak daun-daun kecil berebutan keluar dari tangkai pohon, dan kuncup bunga berdesak-desakkan mengambil tempat hingga waktunya tiba untuk merekah.

Tetapi mereka masih bergerombol dekat-dekat, takut Dingin tiba-tiba muncul lagi, mungkin.

13 Maret 2015

Hari 'Keberuntungan'

Tiga, empat, lima, aku menyalip sepeda-sepeda di depanku dengan kekuatan penuh. Kukayuh cepat-cepat sepedaku. Hanya ada lima, empat, tiga menit hingga kuliahku dimulai. Hari ini mungkin akan jadi kali kesekian aku memecahkan rekor bersepeda dari asramaku ke fakultas.

Kubunyikan bel sepedaku keras-keras ketika dua orang di perempatan jalan di hadapanku menyeberang tanpa melihat kiri kanan karena asyik mengobrol. "Minggir, minggir!" teriakku, dan barulah mereka sadar. Untung mereka tidak tertabrak.

Tiga, dua, satu menit lagi. Aku masuk ke parkiran sepeda Fakultas Teknik. Pukul sebelas lebih empat. Kuliahku mulai pukul sebelas lebih lima, tetapi tidak ada parkir sepeda yang kosong. Harus kutaruh di mana sepedaku?

Parkirannya hanya kosong jika kamu datang sebelum pukul sembilan.

10 Maret 2015

Formal at Pembroke College

Approximately two weeks ago, my friends and I went to Pembroke College for a formal hall. It was my first and last formal hall of this term. I wish I could go to more, but as a student who relies on scholarship, I don't have such privilege.

Pembroke was beautiful!

No, please don't start asking me, "Did you drink the wine, Titan?"

02 Maret 2015

Untuk Perempuan Indonesia

Mungkin saya masih terlalu muda untuk berbicara mengenai topik seluas 'Perempuan Indonesia'. Tetapi ada beberapa hal yang menggelitik.

"Tan, kamu ambil Teknik Mesin? Ceweknya sedikit dong?"

"Kamu perempuan, hati-hati kalau sekolahnya ketinggian, nanti lelaki kabur semua."

"Kenapa harus susah-susah belajar, kalau ujung-ujungnya nanti hidupnya hanya berputar di dapur-sumur-kasur?"