24 Februari 2016

Semester Terakhir dan Pilihan yang Banyak

Reading time: 2-3 minutes
Language: Bahasa Indonesia


Halo, semuanya! Apa kabar? Semoga Tuhan selalu memberikan kesehatan dan kelancaran untuk semua urusanmu, ya.

Kali ini, aku ingin bercerita sedikit soal semester terakhirku di MIT, termasuk apa saja kegiatanku belakangan ini. Sebenarnya, aku hanya butuh dua kelas untuk wisuda (tidak ada skripsi, karena semester lalu aku sudah selesai mengerjakan final project-ku), tetapi untuk mempertahankan status F-1 visa holder (student visa), aku harus registrasi full time, minimal tiga kelas. Lagipula, terlalu banyak kelas yang masih ingin aku ambil, yang tidak sempat kuambil di tahun sebelumnya!

Kurang lebih jadwalku seperti ini.

Mungkin jadwal di atas tidak terlihat sibuk, karena banyak jam-jam kosong, bukan? Hehe. Padahal, di situ belum kumasukkan jadwal makan pagi, makan siang, makan malam, dan tidur siang. Selain itu, aku masih melanjutkan risetku di Urban Risk Lab, yang kulakukan sejak winter term kemarin, dan juga beberapa waktu untuk mengerjakan project-ku di kelas lain.

Ada empat kelas yang kuambil: 18.06 Linear Algebra, ESD.174 Energy Technology and Policy, 2.651 D-Lab: Energy, dan 21M.292 Music of Indonesia. Yup, betul sekali, MIT punya kelas tentang musik Indonesia!

Silabus kelasnya. Bisa kamu lihat, ada satu kelas tentang dangdut dan musik pop Indonesia.
Meskipun background Prof. Tilley adalah gamelan Bali, beliau juga memberikan variasi materi di akhir semester, seperti kroncong, jaipongan, bahkan dangdut, dan underground music. Aku terperangah sendiri saat belajar musik gamelan, karena begitu banyak hal yang aku tidak ketahui tentang kultur Indonesia.

Selain itu, aku juga mengambil kelas D-Lab: Energy. Di kelas ini, kami belajar mendesain suatu produk untuk memenuhi kebutuhan klien di developing country. Kali ini, aku mengambil bagian di tim yang mengerjakan desain mesin untuk mengeringkan bee pollen di Kolombia. Rencananya, insya Allah, aku akan ke Kolombia akhir Maret nanti untuk mengetes prototipe mesin buatan tim kami. Doakan semoga lancar, ya!


Insya Allah juga, jika semuanya lancar, aku akan pergi ke Swedia awal Mei, untuk study trip ke Gothenburg. Kemarin aku, alhamdulillah, menang Chalmers Global Challenge yang diadakan Chalmers University of Technology. Hadiahnya? Study trip ke Gothenburg, Swedia, selama satu minggu. Karena itu, mungkin aku harus bolos kuliah, haha. Tetapi, kapan lagi ada kesempatan seperti ini? Doakan supaya segala sesuatunya lancar, ya, karena sekarang aku sedang dalam proses membuat visa. Oh ya, untuk teman-teman yang sudah kuliah tingkat tiga ke atas, atau baru mulai kerja, mungkin bisa dicoba juga ikut kompetisinya, cukup mudah, kok. Aplikasinya masih dibuka, dan tiga orang pemenang akan pergi ke Swedia juga dengan waktu yang sama denganku. Kita ketemu di sana, ya, hehe.

Alhamdulillah, pergi ke Swedia pertama kalinya!
Satu lagi, untuk musim panas ini, aku berencana pergi ke Singapura untuk research internship di SUTD (Singapore University of Technology and Design), di bawah Prof. Erik. Salah satu bidang riset Prof. Erik adalah kendaraan ramah lingkungan untuk developing countries, yang cukup murah seperti motor, tetapi lebih ramah lingkungan. Jika kalian ada di Singapura sekitar bulan Juni-Agustus, kabari saya, ya, hehe. Kita bisa ketemu dan ngopi-ngopi bareng, mungkin.

Jadi belakangan ini, selain sibuk mengurus ini-itu, paperwork untuk visa, imunisasi untuk berbagai negara, dan juga mengerjakan riset dan kelas, aku juga mulai mendengar beberapa kabar dari graduate schools, di mana aku mendaftar akhir semester lalu. Sejauh ini, alhamdulillah, ada banyak kabar baik. Hanya saja, sangat sulit memutuskan karena keadaan funding yang rumit, dan juga topik riset yang semuanya sangat-sangat menarik. Setelah saya memutuskan, nanti aku kabari, ya. Mungkin juga, nanti aku akan menulis satu post lengkap mengenai proses aplikasi graduate school, karena banyak dari kalian ingin sekali meneruskan S2 dan S3 ke Amerika Serikat atau Inggris :)

Until then, wish me luck. Semoga semester ini berjalan lanacar, aamiin.

6 komentar:

  1. halo titan, dapat salam nih dari temen ku, dia suka banget ngikutin tulisanmu dari dulu namanya Hamdani Namin --> dreamandinspiring.blogspot.com
    aku berharap kalian bisa bertemu suatu saat nanti :)

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum kak Titan :) salam kenal! Cerita-ceritanya sangat menginspirasi. Ditunggu cerita tentang apply grad schoolnya beserta informasi beasiswa yang memungkinkan hehehe.
    Sukses selalu, kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam. Salam kenal juga! Ditunggu ya, terima kasih sudah membaca.

      Hapus
  3. Halo Kak Titan, salam kenal. Oh iya, kalau boleh tau itu jadwalnya pake aplikasi apa ya? Terimakasih. Sukses untuk semester akhirnya kak 🙆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai Google Calendar, jadinya bisa disync dari HP dan komputer bersamaan. Salam kenal!

      Hapus