08 Juni 2016

Graduated.

*I no longer update this blog, I have moved to: https://noortitan.wordpress.com. Thanks!

Reading time: 30 seconds
Language: Bahasa Indonesia

Ucapan selamat mengalir, doa pun membanjiri lebih dari biasanya (saat saya ulang tahun). Sejak kira-kira seminggu yang lalu, saya resmi menyandang gelar sarjana. Jika ditanya bagaimana rasanya, saya akan jawab singkat: biasa saja. Keluar uang, malah, untuk rental regalia dan beli baju terusan (karena kebaya membatasi gerak-gerik saya). Belum, saya harus duduk lama menunggu nama saya dipanggil. Tetapi pidato dari aktor sekaliber Matt Damon membuat saya benar-benar terkagum-kagum dan terinspirasi.

Dan tak ada yang bisa menolak hadiah dari orang-orang terkasih.

Rasanya sedikit aneh. Bukan karena akhirnya saya jadi sarjana, tetapi lebih pada bagaimana saya belum tentu bertemu teman-teman lagi setelah ini. Salah satu teman dekat saya, namanya Katie, akan melanjutkan pendidikannya di Cornell mulai musim gugur ini. Saya pun heran bagaimana dia bisa mencintai mekanika (dan dinamika) fluida sebegitunya, hingga berani mengambil program Ph.D. yang fokus pada topik ini.

Teman dekatku yang lain, Yee Ling, masih melanjutkan Masternya di MIT. Mungkin kita tak akan sering bertemu lagi, meskipun kami satu asrama, karena tahun depan, dia akan menjadi asdos tetap, di samping melakukan riset.

Beberapa yang lain, sudah mendapatkan pekerjaan tetap di perusahaan kaliber dunia, macam Boeing, Tesla, SpaceX, Apple, Ford, dan lain-lain.

Tentu saja rasanya bangga memiliki teman-teman sehebat mereka. Hanya saja, sekali lagi, saya terlempar ke zona asing. Orang-orang di sekitar yang tak saya kenali, keadaan yang tak bisa diraba, cara yang tak saya mengerti.

Mungkin sudah saatnya saya menyambut diri saya: Selamat datang di kehidupan yang sebenarnya, Titan. Best of luck.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar