24 Februari 2016

Semester Terakhir dan Pilihan yang Banyak

Reading time: 2-3 minutes
Language: Bahasa Indonesia


Halo, semuanya! Apa kabar? Semoga Tuhan selalu memberikan kesehatan dan kelancaran untuk semua urusanmu, ya.

Kali ini, aku ingin bercerita sedikit soal semester terakhirku di MIT, termasuk apa saja kegiatanku belakangan ini. Sebenarnya, aku hanya butuh dua kelas untuk wisuda (tidak ada skripsi, karena semester lalu aku sudah selesai mengerjakan final project-ku), tetapi untuk mempertahankan status F-1 visa holder (student visa), aku harus registrasi full time, minimal tiga kelas. Lagipula, terlalu banyak kelas yang masih ingin aku ambil, yang tidak sempat kuambil di tahun sebelumnya!

Kurang lebih jadwalku seperti ini.

03 Februari 2016

IAP: First Time for Everything

Reading time: 3-4 minutes
Language: Bahasa Indonesia

Jika IAP tahun 2014 aku sempat membuat truffle cokelat sendiri, dan ikut training supaya bisa menggunakan mesin mill dan lathe; jika IAP tahun 2013 aku sempat belajar main anggar, belajar programming Python, jalan-jalan ke Worcester, dan kerja sambilan di admission office, IAP tahun ini aku mencoba hal-hal baru! Mungkin kalian sempat membaca satu-dua entri di blogpost sebelumnya, tentang daily reflection-ku.

Kali ini aku ingin menyajikan laporan lengkap tentang beberapa hal yang kulakukan selama IAP terakhirku sebagai undergraduate, mulai dari bergabung dengan MIT Urban Risk Lab untuk membantu project Emergency Preparedness Hub mereka, mengambil kelas Cross-Cultural Collaboration (demi menjadi kolaborator lebih baik dalam satu tim), bermain ski, ikut workshop Japanese Tea Ceremony, dan ikut workshop Ikebana, atau seni merangkai bunga dari Jepang.

Workshop ikebana pertamaku! Bunga dan alat-alatnya mereka sediakan.